Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah Bagi Peserta Didik Di SMAN 1 Bambalamotu Sulawesi Barat

Fitri, Fitri (2020) Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah Bagi Peserta Didik Di SMAN 1 Bambalamotu Sulawesi Barat. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of FITRI.pdf] Text
FITRI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Dari hasil penelitian, penulis menemukan beberapa jawaban dari permasalahan yang ada dalam Peran guru PAI dalam menanamkan etika berbusana muslimah bagi peserta didik di SMAN 1 Bambalamotu Sulawesi Barat, dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Etika berbusana peserta didik di SMAN 1 Bambalamotu yaitu menutup seluruh tubuh mereka dengan berbusana yang longgar dan menggunakan jilbab yang panjang dan tidak teransparan. Kemudian peran Guru PAI yaitu sebagai guru PAI sekaligus pendakwah serta berperan dalam menanamkan kesadaran kepada peserta didik akan pentingnya menggunakan busana muslimah dalam kehidupan sehari-hari. Dan dari permasalah ini jelas bahwa masih ada beberapa peserta didik yang belum mengikuti penerapan etika berbusana muslimah di SMAN 1 Bambalamotu, dan juga masih ada beberapa peserta didik yang belum menggunakan busana muslimah ketika keluar dari rumah. Dari beberapa yang belum mengikuti penerapan itu terdapat alasan bahwa : (1) Menggunakan busana muslimah itu menyebabkan rambut rontok, (2) Menimbulkan ghibah dari orang-orang sekitar, (3) Dikarenakan faktor ekonomi. Dari permasalahan ini peneliti dapat membantu dalam menghilangkan atau mengatasi masalah etika berpakaian peserta didik dengan menumbuhkan kesadaran terhadap peserta didik tentang etika berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam untuk mau mengikuti penerapan etika berbusana muslimah yang telah diterapkan oleh gurunya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:23
Last Modified: 10 Jan 2022 06:23
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item
View Item