Penerapan Metode Pembelajaran Games Pada Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Sojol

Magfira, Ira (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Games Pada Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Sojol. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of IRA MAGHFIRA.pdf] Text
IRA MAGHFIRA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penerapkan metode pembelajaran games pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 2921 dan ketuntasan belajar mencapai 82,86% atau ada 29 orang dari 35 peserta didik sudah tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai 75 atau  75 hanya sebesar 82,29%. Kemudian pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah 3025 dan ketuntasan belajar mencapai 94,28%. Ada 33 peserta didik dari 35 orang sudah tuntas belajar atau hanya ada 2 orang dinyatakan tidak tuntas dari 35 peserta didik. Maka dari itu, 2 orang tersebut diberikan tes formatif kembali atau remedial sehingga hasil persentasi ketutasan belajar sudah mencapai 90% bahkan lebih dari pencapaian ketuntasan yang diinginkan. Dalam penerapanya di kelas metode pembelajaran games memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (82,86%), siklus II (94,28%). Serta penerapan metode pembelajaran games mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:23
Last Modified: 24 Jan 2022 03:23
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item
View Item