Penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Palu

Yusuf, Muhammad (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Palu. Diploma thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of MUHAMMAD YUSUF.pdf] Text
MUHAMMAD YUSUF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Pokok dari penelitian ini adalah mengetahui bagaiamana penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu.
Penulis juga ingin mengetahui faktor apa saja yang didapatkan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran kerja kelompok pada bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu, entah dari faktor penghambat maupun faktor pendukung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kerja kelompok pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang menggambar hasil penelitian apa adanya berdasarkan data dilapangan yaitu tentang penerapan model pembelajaran kerja kelompok pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu.
Hasil penelitian yang diperoleh di lokasi penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kerja kelompok pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Palu pada umumnya belum sepenuhnya optimal. Karena masih ada ditemui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan model pembelajaran kerja kelompok. Akan tetapi di samping faktor penghambat, ada juga faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran kerja kelompok. Implikasi penelitiannya adalah perlu adanya peningkatan insensitas dari guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dalam mendampingi dan terus memotivasi peserta didik pada saat melaksanakan proses pembelajaran kerja kelompok di SMP Negeri 1 Palu, hendaklah guru selalu memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pada pembelajaran kerja kelompok agar dapat, menumbuhkan rasa persaudaraan, saling menghargai perbedaan pendapat, menerima saran dari orang lain, bekerja sama serta dapat meningkatkan pengetahuan tentang pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:00
Last Modified: 24 Jan 2022 06:00
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item
View Item