Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Buol

Takuloe, Siti Arista A. (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Buol. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI SITI ARISTA  A. TAKULOE FIX.pdf] Text
SKRIPSI SITI ARISTA A. TAKULOE FIX.pdf

Download (24MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 1 Buol. Adapun rumusan masalah adakah pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala Madrasah terhadap kinerja guru di MAN 1 Buol ?

Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MAN Buol yang berjumlah 32 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 32 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling metode sensus/sampling total yang berjumlah 32 orang dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan program SPSS versi 24 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MAN 1 Buol dengan nilai sig < a yaitu 0,000 < 0,05. Kemudian nilai koefeisien determinasi diketahui nilai R square sebesar 0,757 yakni pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 1 Buol sebesar 75,7%. Artinya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru berada pada kategori tinggi dari jumlah keseluruhan 100% ini ditunjukkan dari kepemimpinan kepala madrasah yang mampu memotivasi guru dan kemampuan kepala madrasah menerapkan prinsip penghargaan. Guru memiliki kinerja yang baik ditunjukkan dari indikator kinerja guru melaksankan pembelajaran dengan tepat waktu,
terpenuhiya kebutuhan akan rasa aman dan kebutuhan penghargaan sedangkan sisanya 24,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Implikasi dari penelitian ini, kinerja guru dapat tercapai melalui kepemimpinan kepala madrasah, meskipun terdapat pengaruh yang kuat antara kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru kepemimpinan perlu terus ditingkatkan secara maksimal. Guru sebaiknya menggunakan berbagai macam variasi metode dalam pembelajaran dan disarankan untuk lebih mengoptimalisasikan TIK dalam pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan;kepala madrasah;kinerja
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:40
Last Modified: 03 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item
View Item