Penerapan Pembelajaran Tematik Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan Kelas V Di MI DDI Kelurahan Ujuna Kecamatan Palu Barat Kota Palu

Safaria, Cici (2023) Penerapan Pembelajaran Tematik Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan Kelas V Di MI DDI Kelurahan Ujuna Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of CICI SAFARIA_191040009_PGMI.pdf] Text
CICI SAFARIA_191040009_PGMI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara guru menerapkan
pembelajaran tematik di MI DDI Kelurahan Ujuna, Kecamatan Palu Barat Kota Palu Sulawesi Tengah. Yang meliputi Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini
yaitu, pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran tematik tema organ gerak hewan dan manusia. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik tema organ gerak hewan dan manusia Ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran tematik tema organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini yaitu Guru kelas V. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran tematik tema organ gerak hewan dan manusia sub tema organ gerak hewan kelas V di MI DDI Ujuna Palu sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 yaitu Permendikbud Nomor 81A, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai ialah peserta didik dapat menyebutka n alat gerak hewan dan manusia secara benar, dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat dan dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut. Implikasi penelitian ini ditujukan kepada pembaca agar dapat menambah wawasan dan ilmu. Bagi kepala sekolah diharapkan lebih memperhatikan sarana dan prasarana sekolah baik penggunaan media pembelajaran berupa media, alat-alat, fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar. Bagi guru perlu kiranya lebih bervariatif dalam memberikan kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:24
Last Modified: 21 Jul 2025 04:24
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item
View Item