Pembentukan Kepribadian Melalui Pendidikan Kepramukaan Pada Anggota Racana Karamatul Husna Di UIN Datokarama Palu

Wahyuni, Nur (2024) Pembentukan Kepribadian Melalui Pendidikan Kepramukaan Pada Anggota Racana Karamatul Husna Di UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of skripsi Nurwahyuni.pdf] Text
skripsi Nurwahyuni.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Kepramukaan Pada Anggota Racana Karamatul Husna Di UIN Datokarama Palau. Adapun rumusan masalah dalam Skripsi ini sebagai berikut : pertama, Bagaimana pembentukan kepribadian melalui pendidikan kepramukaan pada anggota Racana Karamatul Husna di UIN Datokarama Palu. Kedua, Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan kepribadian melalui pendidikan kepramukaan pada anggota Racana Karamatul Husna di UIN Datokarama Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembentukan kepribadian melalui pendidikan kepramukaan pada anggota Racana Karamatul Husna UIN Datokarama Palu yaitu dengan menggunakan metode kepramukaan dimana metode kepramukaan sendiri merupakan cara belajar interaktif progresif melalui pengamalan kode kehormatan pramuka, belajar sambil melakukan, sistem berkelompok, kegiatan yang menantang, meningkatkan dan mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani mahasiswa, kegiatan dialam terbuka, sistem tanda kecakapan, sistem satuan terpisah putera dan puteri serta sistem among. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan kepribadian melalui pendidikan kepramukaan pada anggota Racana Karamatul Husna UIN Datokarama Palu adalah faktor penghambat dalam pembentukan kepribadian anggota yaitu berasal dari masih lemahnya kesadaran diri para anggota, peran orang tua dan lingkungan para anggota dan media sosial. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesadaran yang tumbuh dari dalam diri anggota dan peran orang tua. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pembentukan kepribadian melalui pendidikan kepramukaan pada anggota Racana Karamatul Husna UIN Datokarama Palu yaitu menggunakan metode kepramukaan yang merupakan cara memberikan pendidikan kepada mahasiswa melalui kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang. Dan mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan dalam tri satya dan dasa dharma yang merupakan kode kehormatan seorang anggota pramuka dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: racana kharamatul husna, kepribadian, pendidikan kepramukaan
Subjects: Education > Education (General)
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:37
Last Modified: 21 Jul 2025 04:37
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item
View Item