Ahyar, Ince (2023) Penerapan Pembelajaran Berbasis Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Era Pandemic Covid 19 Di Madrasah Aliyah Negeri Satu Palu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Tesis Ahyar.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Ahyar.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tesis ini berkenaan dengan penerapan pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akidah akhlak di era pandemic covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri Satu Palu. Rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan pembelajaran berbasis
daring akidah akhlak di era pandemic covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri Satu Palu? dan bagaimana dampak penerapan pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akidah akhlak di era pandemic covid 19 di madrasah Aliyah Negeri Satu Palu ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring aqidah akhlak di era pandemic covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri Satu Palu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis daring akidah akhlak di era pandemic covid 19 di Madrasah Aliyah Negeri Satu Palu dilakukan mulai dari tahapa. a) Perencanaan pembelajaran
yang meliputi penentuan jadwal, memastikan konsep kurikulum sesuai yang di terapkan Madrasah, persiapan guru dalam pembeljaran daring akidah akhlak meliputi merancang RPP dan materi pembelajaran, serta media pembelajaran yang
digunakan. b) Proses pelaksaan pembelajaran model daring. c) Evaluasi pembelajaran. 2) Dampak penerapan pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akidah akhlak di era pandemic covid 19 di madrasah aliyah negeri Satu Palu yaitu a) Dampak positif yang mana dapat meminimalisir dan mengurangi laju penyebaran penyakit Covid 19 karena pembelajaran ini banyak dilakukan di rumah dan guru maupun siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang platform-platform
pembelajaran daring dan memanfaat teknologi yang ada untuk belajar. b) Dampak Negatif yaitu keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, terkendala pembuatan materi pembelajaran daring, dampak pada pembentukan
karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring; covid 19, akidah akhlak |
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:46 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3255 |