Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pengajaran Kemuhammadiyahan Bagi Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SD Muhammadiyah 1 Kota Palu

Sriwahyuni, Sriwahyuni (2023) Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pengajaran Kemuhammadiyahan Bagi Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SD Muhammadiyah 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI SRIWAHYUNI FULL.pdf] Text
SKRIPSI SRIWAHYUNI FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pengajaran Kemuhammadiyahan Bagi Pembentukan Akhlak Peserta Didik merupakan generasi penerus yang harus dibina agar tidak terbawa oleh perubahan yang serba mengglobal dan transparan yang mengakibatkan peserta didik meniru perilaku serta gaya hidup yang tidak sesuai sengan norma dan ajaran agama, kemuhammadiyahan sangat wajib di perguruan Muhammadiyah, dengan maksud untuk memberikan pengetahuan kepada peserta
didik sesuai dengan Alqur’an dan As-sunnah. Berkenan dengan hal tersebut fokus penelitian pada Skripsi ini yaitu: 1.
Apakah nilai-nilai pengajaran kemuhammadiyahan dapat membentuk akhlak peserta didik 2. bagaimana pengaruh nilai-nilai pengajaran kemuhammadiyahan bagi pembentukan akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan tujuan mendeskripsikan data atau makna temuan-temuan penulis peroleh pada saat meneliti di lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menemukan jawaban terhadap suatu fenomena atau pertanyaan melalui aplikasi prosedur ilmiah secara sistematis dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengajaran kemuhammadiyahan yang diajarkan oleh guru terhadap akhlak peserta didik SD Muhammadiyah 1 Ujuna Kota
Palu banyak mengalami kendala, hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadi penyebab antara lain perilaku peserta didik yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan bermain dan bersosialisasi anak, serta latar belakang kehidupan keluarga dari masing-masing peserta didik yang berbeda pula. Peserta didik kurang berminat pada pelajaran tersebut, hal ini menyebabkan peserta didik hanya terfokus pada penguasaan materi, kurang menghayati maupun mengamalkan ajaran yang
terkandung di dalamnya. Dan Nilai-nilai pengajaran kemuhammadiyahan mempunyai pengaruh terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Ujuna
Kota Palu, dalam penerapan pengajaran nilai-nilai kemuhammadiyahan yang telah dilaksanakan selama ini di SD Muhmmadiyah 1 Ujuna Kota Palu. Masih sebatas dalam proses pembiasaan dan penanaman nilai-nilai karakter yang bernuansa
kemuhammadiyahan, serta memperbaiki akhlak dan perilaku peserta didik selama ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:20
Last Modified: 21 Jul 2025 05:20
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item
View Item