Sari, Olan (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kritis Peserta Didik Melalui Pemberian Tugas Individu Di SMA Negeri 6 Palu. Diploma thesis, IAIN Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI OLAN SARI FULL.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OLAN SARI FULL.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas upaya guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan daya kritis peserta didik melalui pemberian tugas individu di SMA Negeri 6 Palu. Selanjudtnya yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya kritis
peserta didik melalui tugas individu di SMA Negeri 6 Palu ? Apa Kendala dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan tugas melalui daya kritis peserta didik di SMA Negeri 6 palu? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini memaparkan apa adanya dan sesaui dengan kondisi dilapangan, penulis
mengumpulkan tiga komponen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, tujuan penelitian ini adalah diharapkan menjadi pengetahuan sehingga dapat memberikan konstribusi bagi pengembangan wawasan keilmuan terutama tentang upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan daya kritis peserta didik melalui pemberian tugas individu.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam
meningkatkan daya kritis peserta didik pada bidang studi pendidikan agama Islam telah dapat melaksanakan seluruh fungsi sebagai seorang guru yang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan,
Jadi sebagai Guru Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu meningkatkan daya kritis peserta didik dan menguasai berbagai strategi, metode dan tekinik. Dari sinilah seorang guru dituntut untuk bertindak profesional agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal dan kemampuan sebagai seorang guru dalam daya kritis studi pendidikan agama islam melalui teknik pemberian tugas
antara lain: tugas membuat makalah, rangkuman, hafalan, dan praktek. Faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor dari dalam diri peserta didik (intristik), faktor dari luar peserta didik (eksternal), saran dan prasarana. Kesimpulan dari hasil penelitian ini kepada seluruh pendidik agar tetap
senantiasa memberikan pelajaran yang terbaik kepada peserta didik, dan memiliki kompotensi untuk lebih meningkatkan daya kritis peserta didik memlalui pemberian tugas individu dengan baik dan membrikan keperluan sarana dan prasarana yang lebih baik, sehingga dalam proses pembelajaran berjalan dengan dengan baik khusunya dalam meiningkatkan daya kritis peserta didik pada bidang studi pendidikan agama islam melalui pemberian tugas bahwa dalam pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:22 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3280 |