Warda, Siti (2024) Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SITI WARDA_02120120005_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SITI WARDA_02120120005_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tesis ini membahas tentang manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu. Masalah yang diangkat yaitu: pertama, bagaimana analisis manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu?, kedua, bagaimana pola manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu, yang beralamat di Jalan Bukit Tunggal, RT.003/RW.003, Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara. Kehadiran peneliti langsung di lapangan mutlak adanya dalam penelitian kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan tiga teknik analisis data yaitu reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan.
Hasi penelitian menunjukan bahwa: pertama, manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu dilakukan dengan beberapa tahapan manajemen yaitu perencanaan manajemen kesiswaan, merekrut peserta didik baru, menyeleksi peserta didik, penyesuaian atau orientasi peserta didik, pembinaan dan pengembangan serta evaluasi. Kedua, pola manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Palu dapat dilihat melalui program belajar peserta didik dan peningkatan prestasi belajar peserta didik.
Kesimpulan, manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Kota Palu dijalankan dengan terprogram dan tersistematis dengan baik. Peserta didik dibina sejak dini dalam program yang telah dibuat sejak awal dan memberi peluang bagi semua peserta didik mengembangkan bakat serta minatnya pada bidang masing-masing. Pola manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Kota Palu dimulai dengan perencanaan program belajar secara tersistematis dengan merekrut peserta didik baru hingga mereka menyelesaikan studi dimana hal ini dibuat berdasarkan data jumlah peserta didik, tenaga pengajar, staf, fasilitas-fasilitas penunjang pembelajaran. Program belajar terdapat dua macam yaitu pada bidang akademik dan non akademik..
Implikasi penelitian, penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada permasalahan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara umum khususnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Kota Palu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar, MAN Insan Cendekia |
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education Management |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:29 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3288 |