Aulia, Andini Resky (2023) Kontribusi Program Bina Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI FIX 1_merged (2).pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIX 1_merged (2).pdf
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Kontribusi Program Bina Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam meningkatkan Perilaku Keagamaan Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Palu” yang berlokasi di Jalan Kemiri No.35, Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pokok permasalahan utamanya adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program bina IMTAQ di SMP Negeri 3 Palu? (2) Bagaimana kontribusi program bina IMTAQ dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMP
Negeri 3 Palu? Menjawab masalah tersebut Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program bina iman dan taqwa (IMTAQ) di SMP Negeri 3 Palu beberapa kali mengalami perubahan dari segi jadwal pelaksanaan, kegiatan, dan pendanaan. Adapun pelaksanaanya saat
ini, yakni dikhususkan pada hari Jumat pagi, mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WITA, dimana kegiatannya meliputi shalat dhuha, kultum, ceramah agama, dzikir, shalawat, dan asmaul husna. Bina IMTAQ juga termasuk dalam visi SMP Negeri 3
Palu, sehingga nilai-nilai iman dan taqwa, tidak hanya didapatkan pada hari Jumat pagi, namun juga pada hari-hari lain, contohnya dengan adanya pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah sebelum pulang. (2) Adapun Kontribusi program bina iman dan taqwa (IMTAQ) dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik, meliputi: meningkatnya kesadaran shalat berjamaah, meningkatnya hafalan shalat dan surah pendek, serta wawasan peserta didik terkait shalat wajib dan Sunnah. Peserta didik juga menjadi mengetahui, menghafal, dan mulai membiasakan diri untuk berdzikir, bershalawat, serta membaca asmaul husna. Selain itu, wawasan keagamaan dan kedisiplinan peserta didik juga meningkat setelah mengikuti program bina IMTAQ. Saran dari penelitian ini adalah (1) Demi menunjang kualitas program bina IMTAQ diperlukan evaluasi dari pemerintah daerah, khususnya dinas pendidikan dan kebudayaan kota Palu, yakni evaluasi dari segi pendanaan, jadwal dan aturan pelaksanaan, serta indikator penilaian. Agar tujuan pelaksanaannya dapat tercapai dengan efektif dan efisien. (2) Diharapkan terjalinnya kerjasama yang baik antara
pihak sekolah dan orang tua atau wali peserta didik dalam mengarahkan dan mengawasi perkembangan perilaku keagamaan peserta didik. Sehingga perilaku keagamaan tersebut tidak hanya diterapkan di Sekolah tapi juga diaktualisasikan
oleh peserta didik dimanapun mereka berada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bina IMTAQ; perilaku keagamaan |
Subjects: | Education > Education (General) Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:43 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3298 |