Anita, Anita (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of anita.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
anita.pdf
Download (7MB)
Abstract
Sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan bahwa guru tidak menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sehingga keterampilan berpikir kreatif peserta didik menjadi tidak maksimal. Olehnya penulis memutuskan untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang membuat peserta didik mampu meningkatkan berpikir kreatif dalam belajar hingga pembelajaran berakhir serta dapat
membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dari apa yang mereka pelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model discovery learning. Model discovery learning merupakan salah satu model pembelajaraan yang
menekankan pada pentingnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajarinya melalui keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari
masalah apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, dan uji pra syarat yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery
learning di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Model pembelajaran discovery learning sangat berpengaruh ditandai dengan hasil uji statistik (Uji t) yaitu dengan nilai sig 0,000<0,05 sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan H0 ditolak.
Kesimpulan yang diperoleh penelitian ini adalah bahwa Penerapan Model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII A.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:05 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3311 |