Arni, Arni (2023) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di MAN Morowali. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of ARNI Tesis.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ARNI Tesis.pdf
Download (947kB)
Abstract
Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia dan terjadi di lingkungan sekitar peserta didik sehingga peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam tesis ini berangkat dari masalah bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di MAN Morowali ?, dan bagaimana implikasi penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di MAN Morowali ?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dalam teknik ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning sangat tergantung pada penerapan yang dilakukan oleh guru, dimana proses pembelajarannya melibatkan peserta didik untuk mencari dan menemukan sendiri materinya, yang menghasilkan makna dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari dalam lingkungan sosial atau budaya masyarakat. Dengan mengemukakan langkah penerapan model pembelajaran CTL dalam kelas sebagai berikut: 1) kontrukstivisme, 2) melaksanakan sejauh mungkin untuk semua topik, 3) menciptakan masyarakat belajar, 4) menghadirkan model sebagai contoh belajar, 5) refleksi, dan 6) penilaian Autentik. Sehingga implikasi penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning menyebabkan peserta didik lebih aktif dan mampu memahami materi dalam proses pembelajaran, dimana perubahan ini dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak.
Implikasi dari penelitian untuk tercapainya pendidikan yang baik maka yang diperlukan adanya peningkatan perhatian antara guru dan peserta didik sehingga apa yang menjadi tujuan bersama yakni menciptakan generasi yang cerdik, cerdas, dan berakhlak mulia dapat terca
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:35 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3347 |