Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Dalam Perspektif Etika Ekonomi Islam

Alfiani, Alfiani (2023) Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Dalam Perspektif Etika Ekonomi Islam. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi Alfiani.pdf] Text
Skripsi Alfiani.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of Skripsi Alfiani.pdf] Text
Skripsi Alfiani.pdf

Download (747kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang salah satu produk skincare lokal yaitu Scarlett Whitening. Produk scarlett adalah salah satu brand asal indonesia yang menjual produk kecantikan yang di dirikan oleh artis Felicya Angelista, yang di
dirikan pada tahun 2017 silam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana keputusan pembelian konsumen produk scarlett. Serta, bagaimana etika ekonomi islam terhadap keputusan pembelian produk
scarlett. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistemastis data yang di peroleh dari hasil pengamatan lapangan menggunakan deskriptif interpretatif. Tehnik pemeriksaan keabsahan data yaitu pemeriksaan perpanjangan keikutsertaan dengan ketekunan
pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan auditing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lokasi di karenakan lokasi penjualan produk scarlett mudah untuk di temukan Faktor harga yang relative lebih murah; Serta Faktor kelengkapan pada produk scarlett yang memiliki kualitas yang bagus; Konsumen juga mendapatkan informasi dari media sosial maupun orang-orang terdekat yang pernah membeli atau menggunakan produk scarlett. Sesuai dengan perilaku konsumen bahwa
konsumen cenderung melakukan pembelian pada produk yang sudah akrab dengannya atau sudah ia kenali sebelumnya.
Dalam perspektif Etika Ekonomi Islam keputusan pembelian konsumen pada produk scarlett mencapai suatu kebutuhan dan keinginan sudah sesuai dalam syariat islam berdasarkan prinsip-prinsip Etika Konsumsi islam, dikarenakan
ekonomi islam memperhatikan kebutuhan, mengkonsumsi produk halal, memperhatikan kualitas konsumsi (Halal lagi baik). Sedangkan dalam perilaku konsumen terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu, faktor budaya, faktor pribadi dan faktor sosial. Bahwa Scarlett Whitening mampu membangkitkan kepercayaan terhadap konsumen, sehingga konsumen yang sudah percaya tidak akan merasa ragu dalam melakukan keputusan pembelian. Jadi dapat di simpulkan bahwa prinsip Konsumsi dalam islam terdiri dari prinsip kebolehan, tanggung jawab, keseimbangan (tidak kikir dan tidak
berlebihan dan prioritas)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:41
Last Modified: 25 Jul 2025 02:41
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item
View Item