Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laerning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu

Anggita, Anggita (2024) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laerning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skrpsi Anggita 201020071.pdf] Text
Skrpsi Anggita 201020071.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu Skripsi ini berkenaan dengan “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu” dengan rumusan masalah yaitu: Bagaimana Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu? dan apa saja faktor pendukung serta penghambat Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
dalam pembelajaran bahasa Arab dan faktor yang mempengaruhi implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas VIII A dan peserta didik Kelas VIII A yang akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dalam hal ini berjumlah 19 peserta didik. Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Palu berjalan baik. Langkah-langkah pembelajaran di kelas mencerminkan
penggunaan model dengan 5 komponen yang relevan. Namun demikian, terdapat beberapa bagian materi pelajaran tertentu yang belum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, terutama dilihat dari segi
pembahasannya. Adapun Faktor pendukung yang berkontribusi pada keberhasilan implementasinya meliputi interaksi yang efektif antara guru dan peserta didik, minat guru dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan inovatif, serta partisipasi aktif dari peserta didik. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat, antara lain kurangnya fasilitas dan teknologi, disparitas kemampuan bahasa Arab peserta didik, dan sikap peserta didik yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:45
Last Modified: 25 Jul 2025 02:45
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item
View Item