Penerapan Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Khairat Labuan Kabupaten Donggala

Arbiansyah, Mohammad (2022) Penerapan Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Khairat Labuan Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of mohammad arbiansyah skripsi.pdf] Text
mohammad arbiansyah skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran aqidah Akhlak di MTs Nahdlatul Khairat Labuan”. Dengan mengangkat masalah Bagaimana Penerapan Metode Question Student Have dapat dalam Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nahdlatul KHairat Labuan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian tindakan kelas ini yaitu model bersiklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 peserta didik pada kelas VII dengan teknik pengumpulan data yang meliputi: observasi, dokumentasi, wawancara, tes pra tindakan, tes awal, dan tes akhir tindakan. Motivasi belajar peserta didik menunjukan bahwa melalui tindakan pada siklus I mengalami peningkatan persentase dimana siklus I yaitu 52% dan siklus II yaitu 84% dengan selisih persentase antara kedua siklus yaitu 32% sedangkan pembelajaran mengenai aktivitas guru (peneliti) mengalami peningkatakan dengan perolehan presentase siklus I yaitu 66,6% dan siklus II 88,8% sehingga selisih antara kedua siklus adalah 22,2% adapun aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan presentase pada siklus I yaitu 65% dan siklus II 87,5% sehingga antara kedua siklus mengalami silisih 22.5%. Mengenai penigkatan persentase pada hasil
belajar dan proses pembelajaran menunjukan bahwa metode Question Student Have efektif digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa penggunaan Metode Question Student Have dapat digunakan untuk meningkatkan Motivasi belajar peserta didik di MTs Nahdlatul Khairat Labuan. Guru diharapkan selalu menggunakan Metode
pembelajaran yang lebih bervariatif, sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada peserta didik. Untuk itu penggunaan Metode Question Student Have hendaknya selalu diterapkan pada proses pembelajaran, karena mampu menciptakan aktivitas pembelajaran bagi peserta didik yang menyenangkan dan mampu meningkatkan Motivasi belajar peseta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:49
Last Modified: 25 Jul 2025 02:49
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item
View Item