Penerapan Metode Pembelajaran Aktif (Active Learning) Model Small Group Discussion Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Alkhairaat Pusat Palu

Hapsah, Rita (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Aktif (Active Learning) Model Small Group Discussion Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of RITA HAPSAH.pdf] Text
RITA HAPSAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran
pembelajaran aktif (active learning) model Small Group Discussion pada mata pelajaran Fikih di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Aktif (Active Larning) Model
Small Group Discussion Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Alkhairaat Pusat Palu? (2) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Aktif (Active Larning) Model Small Group Discussion Dapat Mengaktifkan belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Alkhairaat Pusat Palu?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajan data dan verifikasi
data. Hasil dari Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran aktif (active learning) model Small Group Discussion pada mata pelajaran Fikih telah diterapkan di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Adapun pelaksanaan
metode pembelajaran aktif (active learning) model Small Group Discussion pada mata pelajaran Fikih ada beberapa tahapan yakni tahap persiapan, dan pelaksanaan. penerapan metode pembelajaran aktif (active learning) model Small Group Discussion pada mata peajaran Fikih di MTs Alkhairaat Pusat Palu dapat mengaktifkan belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik memiliki semangat dalam pembelajaran, peserta didik aktif dalam berdiskusi, dan
kemampuan peserta didik mengerjakan tugas. Implikasi dalam penelitian ini Bagi guru mata pelajaran Fikih diharapkan
dapat melaksanakan metode active learning dengan konsisten dan agar ditingkatkan dalam melakukan pembelajaran dengan metode yang bervariasi. Dan peserta didik MTs Alkhairaat Pusat Palu diharapkan untuk bekerja sama dengan guru mata
pelajaran Fikih dalam menerapkan metode active learning model Small Group Discussion dan diharapkan untuk mempersiapkan diri sebelum belajar dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:59
Last Modified: 25 Jul 2025 03:01
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item
View Item