Nurfadillah, Nurfadillah (2024) Pengaruh Pembelajaran Praktikum Sederhana Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI Muhammadiyah Nunu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Skripsi_Nurfadillah_2024[2].pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Nurfadillah_2024[2].pdf
Download (33MB)
Abstract
Pada saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik di MI Muhammadiyah Nunu, khususnya di kelas IV hanya sebagian peserta didik saja yang memperhatikan penjelasan dari pendidik dan peserta didik yang lain hanya bermain, keluar masuk kelas, berbicara dengan teman-temannya, tidak memiliki
ketertarikan dalam belajar, dan tidak memperhatikan penjelasan dari pendidik serta mereka lebih senang berada di luar kelas. Hal tersebut terjadi karena kurangnya minat dan motivasi untuk belajar dalam diri peserta didik. Berkenaan
dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran praktikum dapat mempengaruhi minat dan motivasi belajar IPA peserta didik Kelas IV MI Muhammadiyah Nunu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t. Hasil uji hipotesis minat belajar peserta didik dengan uji Paired Sampel T�Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.748, yang berarti lebih besar dari α = 0.05, sehingga dapat diasumsikan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran praktikum sederhana terhadap minat belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis motivasi belajar peserta didik dengan uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.045, yang berarti lebih kecil dari α = 0.05, sehingga dapat diasumsikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran praktikum sederhana terhadap motivasi belajar peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh disarankan kepada para pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran praktikum dan metode pembelajaran yang lebih bervariasi untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar peserta didik baik itu pada pelajaran IPA maupun pelajaran yang lainnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Praktikum, minat, motivasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:18 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3513 |