Muifal, Muifal (2024) Peran Pembina Pramuka Dalam Membentuk Sikap Kedisiplinan Dan Solidaritas Siswa IPS Di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Siniu Di Desa Siniu Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
SKIRIPSI MUIFAL.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Bentuk peran pembina pramuka dalam pembentukan sikap kedisiplinan dan solidaritas siswa IPS di Madrasah Aliyah Alkhairaat Siniu, disusun dengan mengikuti pola gerakan pramuka pada umumnya kemudian dikombinasikan dengan pengembangan dan pendidikan yang ada di pondok pesantren, pola pengembangannya yaitu latihannya dijadwalkan seminggu dua kali yaitu sabtu dan minggu kemudian latihannya juga sesuai dengan taraf tingkatan, dan arahan secara langsung, serta pengondisian pada setiap tindakan. 2) Peran pembina pramuka dalam pembentukan sikap kedisiplinan dan kesolidaritasan siswa ips di Madrasah Aliyah Alkhairaat Siniu, di Desa Siniu, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, telah berjalan sebagaimana diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya 3 indikator kedisiplinan, dan 2 indikator solidaritas, a) Kedisiplinan mengatur waktu, b) kedisiplinan menegakkan aturan, c) kedisiplinan diri sendir. a) Solidaritas menyelesaikan pekerjaan, b) solidaritas saat berkegiatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Social Sciences > Sociology Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:13 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:13 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3860 |