Peran Guru Kelas pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa di SDN Watusampu Kota Palu

Fahira, Fara (2024) Peran Guru Kelas pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa di SDN Watusampu Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of FARA FAHIRA.pdf] Text
FARA FAHIRA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hasil pada penelitian ini menunjukan Guru kelas memiliki peran penting dalam memberikan layanan bimbingan konseling di tingkat sekolah dasar. Layanan yang diberikan meliputi bimbingan konseling perorangan, bimbingan konseling belajar, dan bimbingan konseling sosial. Guru kelas bertanggung jawab untuk membantu siswa mengenali diri, menyelesaikan masalah, dan meningkatkan kedisiplinan. Bimbingan
konseling perorangan dilakukan melalui tatap muka langsung dengan siswa untuk mengatasi masalah seperti ketidak fokusan dan keterlambatan. Faktor Pendukung pada layanan bimbingan konseling dikelas yaitu: Dukungan kepala sekolah dalam implementasi program, Hubungan baik antara guru kelas dan siswa dan Adanya waktu khusus untuk konseling. Faktor Penghambat pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling yaitu: Pelaksanaan BK yang tidak optimal karena persepsi yang salah, Kekurangan sarana dan prasarana, Kemampuan guru kelas sebagai konselor yang belum memadai, Kurangnya komunikasi dengan orang tua siswa dan Penempatan layanan BK
yang belum terarah dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rifal Rifal
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:29
Last Modified: 12 Mar 2025 05:30
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4014

Actions (login required)

View Item
View Item