Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SD Inpres 2 Bantaya Parigi Moutong

Yusran, Nurul Nisa (2024) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SD Inpres 2 Bantaya Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SAMPUL_merged_merged.pdf] Text
SAMPUL_merged_merged.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SD Inpres 2 Bantaya Parigi Moutong” pokok permasalahan utamanya adalah bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik? Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan agama
Islam yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjawab masalah di atas, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi teknik analisi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian penulis peroleh di lapangan menunjukkan bahwa
Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik menggunakan (a) Pembiasaan, Metode pembiasaan yaitu mengulangi kegiatan yang baik berkali-kali, karena begitu semua tindakan yang baik diubah menjadi kebiasaan sehari-hari. (b). Keteladanan, Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat pengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. (c) Pengawasan, Guru di SDN inpres 2
Bantaya mengunakan metode pengawasan dengan siswanya dalam menanamkan nilai-nilai Islam. (d) Tsawab (Hukuman), Hukuman itu mempunyai tujuan agar dapat menghentikan tingkah lakunya yang salah dan dengan hukuman itu dapat mendorong dan menyadarkan peserta didik untuk menghentikan sendiri tingkah
lakunya yang salah dan memperbaiki hasil belajarnya yang jelek, sehingga peserta didik dapat mengarahkan dirinya pada tingkah laku atau perbuatan yang baik. (e) Memberikan motivasi atau dorongan,Guru menggunakan metode memberikan
motivasi dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam. (f) Nasihat, Pendidikan yang cukup berhasil dalam penanaman nilai-nilai agama Islam dan mempersiapkannya baik secara moral, emosional maupun sosial, adalah pendidikan peserta didik dengan petuah dan memberikan kepadanya nasehat nasehat. Implikasi bentuk pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam pada peserta didik, diantaranya adalah (a) Sholat Wajib, Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim dan termasuk rukun Islam yang kedua. (b) Menghafal Surah-Surah
Pendek, Peserta didik menghafal surah-surah pendek sebelum kelas di mulai dan menyetor hafalan (c) Memberi Salam, Bersalaman dengan guru dan orang tua adalah tindakan sopan dan hormat yang umumnya diterapkan dalam banyak budaya.(d) Dzikir, SD Inpres 2 Bantaya, peserta didik mengadakan kegiatan berdzikir bersama setiap hari jumat dan itu laksanakan seluruh siswa SD Inpres 2 Bantaya guna mempertebal rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:47
Last Modified: 28 Jul 2025 03:47
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item
View Item