Sahibul, Marbath (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Mengetahui Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab MAN 1 Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of Skripsi Sahibul Marbath.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Sahibul Marbath.pdf
Download (6MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dalam pembelajaran bahasa Arab ada 3 tahapan yang telah peneliti amati selama pembelajaran dalam kelas X D yaitu: (1) Tahap perencanaan, yang merupakan persiapan Modul Ajar, persiapan materi, dan persiapan media pembelajaran. (2) Tahap pelaksaan, merupakan kegiatan utama untuk memulai proses penerapan metode pelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi, merupakan kegiatan akhir dari evaluasi bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah diajarkan. Materi yang diterapkan pada setiap buku terdapat materi berdialog menggunakan bahasa Arab yang
mana merupakan proses belajar simulasi sehingga metode pembelajaran simulasi sangat menunjang proses belajar peserta didik. Adapun peneliti menemukan beberapa faktor yang penghambat kemampuan peserta didik dalam menghafal kosakata bahasa Arab yaitu: Masalah pada bacaan, meliputi sebagian peserta didik tidak lancar membaca teks berbahasa Arab, belum bisa membedakan huruf pada pengucapan, kurang menguasai kosakata, dan kurang menguasai bacaan bahasa Arab benar dan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Simulasi, Kemampuan Menghafal, Kosakata Bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:51 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:51 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4048 |