Afiatun, Afiatun (2024) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Di PAUD Terpadu Nur Afiat Desa Kalukubula. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of AFIATUN.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AFIATUN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Peran guru dalam
mengembangkan kreativitas anak melalui metode plastisin adalah dengan mengalihkan perhatian anak didik agar anak didik dapat memperhatikan dan senang mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru. Peran guru PAUD Terpadu Nur Afiat lainnya adalah dengan memperlihatkan atau memperkenalkan bahan yang digunakan dalam bermain plastisin serta memberikan contoh apa saja yang dapat dibentuk dari media plastisin, seperti binatang, bintang, buah-buahan dan
lain-lain. 2) Bentuk kreativitas melalui media plastisin di PAUD Terpadu Nur Afiat adalah anak didik sudah mampu berimajinasi dengan media plastisin. Anak didik sudah mampu menciptakan dan mengeksplorasikan hasil karya mereka melalui
media plastisin.Seperti membentuk hewan, kendaraaan, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain. Implikasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dalam menjalankan
tugasnya dapat bertindak sebagai seorang motivator yang memberikan motivasi sehingga guru dapat menciptakan berbagai kreativitas permainan yang mengasah anak. Bagi guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan kegiatan dan menjadikan
aneka permainan menjadi media dalam mengembangkan kreativitas anak dan meningkatkan profesionalisme dalam mengajar dengan menggali ilmu pengetahuan sesuai bidangnya. Bagi siswa PAUD Terpadu Nur Afiat, diharapkan selalu semangat dan giat belajar agar dapat tercapainya tujuan perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:50 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4062 |