Implementasi Metode Qiyasiyyah dalam Pembelajaran Nahwu pada Peserta Didik Kelas XII Madrasah Aliyah Alkhairaat Ulatan Kecamatan Palasa Kab. Parigi Moutong

Amri, Amri (2024) Implementasi Metode Qiyasiyyah dalam Pembelajaran Nahwu pada Peserta Didik Kelas XII Madrasah Aliyah Alkhairaat Ulatan Kecamatan Palasa Kab. Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of AMRI-20.1.02.0089.pdf] Text
AMRI-20.1.02.0089.pdf

Download (14MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode qiyasiyyah Mdalam pembelajaran nahwu pada peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Alkhairaat Ulatan terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 1) Tahap perencanaan, dimana guru menyiapkan materi-materi dan media pembelajaran. 2) Tahap pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan awal (pembuka), kegiatan inti (penyampaian materi) dan kegiatan penutup. 3) evaluasi. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode tersebut cukup efektif diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran nahwu. Adapun faktor penghambat yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran nahwu di Madrasah Aliyah Alkhairaat Ulatan yaitu: 1) rendahnya minat belajar peserta didik. 2) kemampuan peserta didik yang beragam. 3) latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda. 4) kurangnya kelancaran peserta didik dalam membaca Al-qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiyasiyyah , Pembelajaran Nahwu, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:42
Last Modified: 06 Mar 2025 04:42
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4070

Actions (login required)

View Item
View Item