Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sarjo

Nursia, Nursia (2025) Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sarjo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI REVISI.pdf] Text
SKRIPSI REVISI.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pada umumnya keterampilan proses sains (KPS) peserta didik masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang kurang tepat pada saat proses pembelajaran di kelas. Berkenaan dengan uraian tersebut, maka skripsi ini berangkat dari masalah apakah terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik di SMPN 1 Sarjo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimet design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dengan jumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dengan jumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa tes pilihan ganda pretest dan posttest sebanyak 15 nomor. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test.
Berdasarkan hasil olah data uji independent sample t-test menggunakan SPSS IBM 26.0, menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk keterampilan proses sains peserta didik memiliki sig (2-tailed) 0,000 atau 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses peserta didik.
Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan pendidik untuk bisa menentukan model pembelajaran di kelas yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik dari peserta didik guna untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning (PJBL), Sistem Tata Surya, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 06 Mar 2025 05:01
Last Modified: 06 Mar 2025 05:01
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item
View Item