Pendekatan Elaboratif Kearifan Lokal Mepa’ane Petu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Pada Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Tomini Kabupaten Parigi Moutong

Rinaldi, Rinaldi (2024) Pendekatan Elaboratif Kearifan Lokal Mepa’ane Petu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Pada Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Skripsi rinaldi.pdf] Text
Skripsi rinaldi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) Pendekatan elaboratif kearifan lokal Mepa’ane Petu yang dijadikan metode oleh guru dalam penanaman nilai-nilai toleransi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tomini
terbukti efektif dalama menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis. Pendekatan elaboratif yang mengintegrasikan kearifan lokal Mepaane Petu dalam pembelajaran PAI untuk menumbuhkan nilai-nilai toleransi di
kalangan siswa SMP Negeri 1 Tomini, Dengan menghubungkan konsep toleransi yang abstrak dengan contoh-contoh konkret dari budaya lokal siswa, penelitian ini menemukan bahwa pendekatan tersebut secara signifikan meningkatkan
pemahaman dan apresiasi siswa terhadap toleransi. Melalui pengenalan dan penghayatan, penceritaan, integrasi, diskusi kelompok, dan aktivitas praktis yang berakar pada Mepaane Petu, siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang toleransi dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:35
Last Modified: 02 Jun 2025 07:35
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item
View Item