Whildania, Putri (2025) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN BAHASA KASAR DI SMAN 2 TOLITOLI. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of ilovepdf_merged (17).pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ilovepdf_merged (17).pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh game online terhadap kebiasaan remaja menggunakan bahasa kasar. Interaksi dalam game sering memperkenalkan kata-kata tidak pantas, yang dapat memengaruhi cara berkomunikasi di kehidupan nyata. Berkenan dengan hal tersebut maka urian dalam skrispi ini di angkat dari masalah apakah game online berpengaruh signifikan pada siswa di SMAN 1 Tolitoli. Studi dilakukan di SMAN 2 Tolitoli dengan pendekatan kuantitatif menggunakan regresi sederhana. Hasil menunjukkan Thitung 11,463 > Ttabel 1,655 dan signifikansi 0,00 < 0,05, artinya ada pengaruh signifikan game online terhadap penggunaan bahasa kasar. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara game online terhadap kebiasaan penggunaan bahasa kasar. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan orang tua, pendidik, dan masyarakat sangat diperlukan dalam mengatasi dampak negatif game online terhadap pola komunikasi remaja. Disarankan adanya peran aktif orang tua dan guru dalam membatasi durasi
bermain, memberi edukasi etika komunikasi, serta pengawasan yang lebih ketat. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menggali faktor lain dan menyusun solusi yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game online, bahasa kasar, perilaku remaja, pengaruh teknologi, komunikasi |
Subjects: | Social Sciences > Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 05:59 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 05:59 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4287 |