Afandi, Moh (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA PALU. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of AFANDI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AFANDI.pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul tentang “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Perilaku Afektif Peserta Didik”. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Perilaku Afektif Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Perilaku Afektif Peserta Didik yaitu: a. Mengembangkan nilai religius yaitu guru menanamkan nilai-nilai keimanan, ibadah, dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. b. Mengembangkan nilai kejujuran yaitu peserta didik diajarkan untuk bersikap jujur dalam belajar dan bertanggung jawab atas tindakannya. c. Mengembangkan nilai toleransi yaitu dikembangkan melalui sikap saling menghargai dan menerima perbedaan dalam
lingkungan sosial. d. Mengembangkan nilai disiplin yaitu ditanamkan melalui pembiasaan menjalankan ibadah, menaati aturan, dan bertanggung jawab dalam tugas yang diberikan oleh guru. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif
dalam membentuk perilaku afektif peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih konsisten dalam memberikan teladan dan pembiasaan nilai-nilai religius, kejujuran,
toleransi, dan disiplin dalam keseharian. Serta penerapan strategi ini membantu peserta didik dalam membangun karakter yang lebih baik, terutama dalam aspek keimanan, kejujuran, toleransi, dan kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:06 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:06 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4291 |