Probematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs Alkhairaat Maleni Donggala

M, Farid (2025) Probematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs Alkhairaat Maleni Donggala. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SRIPSI FARID 2025.pdf] Text
SRIPSI FARID 2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Alkhairaat Maleni Donggala dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap probematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTS Alkhairaat Maleni Donggala. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer Dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Problematika baca tulis Al-Qur’an
(BTQ) di Madrasah Tsanawiayah (MTs) Maleni Donggala yaitu 1) Rendahnya daya ingat peserta didik dalam menerima pelajaran, 2) Kebiasaan balajar peserta didik yang masih perlu dirubah, 3) Tingkat kecerdasan peserta didik yang beragam dalam
menerima pelajaran, 4) Minat belajar yang kurang, 5) Tingkat emosional yang berbeda-beda, 6) Motivasi belajar yang masih rendah, 7) Sikap dan perilaku peserta didik yang masih kurang baik dalam menerima pelajaran, 8) Konsentrasi dan fokus yang masih kurang, 9) Kurangnya rasa percaya diri menyebabkan malu dalam belajar dan, 10) Kesiapan (kematangan) dalam belajar yang masih rendah. Adapun faktor
pendukung yaitu fasilitas berupa sarana dan prasarana yang sudah memadai, sehingga dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat kurangnya tenaga pengajar dan waktu pembelajaran BTQ yang terbatas, sehingga berimbas terhadap kurangnya peserta didik dalam membaca
dan memahami Al-Qur’an. Implikasi dari probematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Alkhairaat Maleni Donggala diharapkan problematika yang terjadi dapat teratasi, sehingga peserta didik dapat memahami baik dalam membaca maupun menulis Al-Qur’an. Salain itu, diharapkan dapat menciptakan alumni terbaik yang mampu memahami Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:20
Last Modified: 25 Jun 2025 06:20
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item
View Item