PENERAPAN KURIKULUM GABUNGAN CAMBRIDGE DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Salsabila, Putri and Arif, Arifuddin M and Minabari, Mastura (2025) PENERAPAN KURIKULUM GABUNGAN CAMBRIDGE DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14 (2): 2. pp. 2289-2297. ISSN 2302-1330

[thumbnail of C-Revisi-2189-Article text-PUTRI_SALSABILA_(Didaktika_S3).pdf] Text
C-Revisi-2189-Article text-PUTRI_SALSABILA_(Didaktika_S3).pdf

Download (180kB)

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Salah satu perkembangan Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia pada saat ini yaitu Kurikulum Merdeka Belajar dan Kurikulum Cambridge. fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan gabungan kurikulum merdeka dan kurikulum Cambridge terhadap keterampilan belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tahapan penerapan kurikulum Cambridge dan kurikulum merdeka meliputi tiga aspek, perencanaan, penerapan dan evaluasi. Dari penggabungan kedua kurikulum ini terdapat dampak dan hasil yang signifikan, yakni meningkatkan keterampilan belajar peserta didik berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa menjalankan atau menerapkan kurikulum gabungan Cambridge dan kurikulum merdeka juga terdapat kendala, namun ada juga kendala yang terjadi di penelitian sebelumnya, namun tidak terjadi di penelitian ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum di Indonesia, bagi sekolah-sekolah yang ingin menerapkan pembelajaran berbasis Internasional, serta memberikan kontribusi bagi pendidik dalam menerapkan dan menjalankan kurikulum dengan baik sehingga menciptakan peserta didik yang terampil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Cambridge, Kurikulum Merdeka, Keterampilan Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:02
Last Modified: 01 Jul 2025 02:02
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item
View Item