Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Layanan Bimbingan Konseling Islam Dilingkungan MTS Alkhairat Alindau

Islami, Tanzilal Aziz (2025) Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Layanan Bimbingan Konseling Islam Dilingkungan MTS Alkhairat Alindau. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TANZILAL AZIZ ISLAMI_19.4.13.0027_PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI MANAJEMEN LAYANAN B.pdf] Text
TANZILAL AZIZ ISLAMI_19.4.13.0027_PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI MANAJEMEN LAYANAN B.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berkenaan dengan penguatan pendidikan karakter siswa melalui manajemen layanan bimbingan konseling islam dilingkungan MTS Alkhairat Alindau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan penguatan Pendidikan karakter siswa melalui layanan bimbingan konseling Islam di lingkungan MTS Alkhairaat Alindau dan untuk mengetahui pembinaan karakter siswa melalui layanan bimbingan konseling Islam di MTS Alkhairaat Alindau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan penyajian data, verifikasi data dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen layanan bimbingan konseling di MTS itu dilakukan dengan dua cara yaitu layanan pribadi dan layanan kelompok, layanan pribadi adalah layanan pemberian bantuan yang
dilakukan secara wawancara tatap muka antara konselor dan konseli dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi yang dideritanya sehingga siswa dapat menggunakan potensinya untuk mencapai kebahagiaan pribadi maupun sosial
sedangkan Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang diberikan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalahnya melalui kegiatan kelompok. Biasanya masalah yang dipecahkan bersifat kelompok, yaitu dirasakan bersama kelompok atau juga bersifat individual atau perorangan, yaitu masalah yang terjadi hanya dirasakan oleh individu/siswa yang tergabung sebagai anggota kelompok dengan melalui 4 tahap yaitu pembelajaran, keteladanan, penguatan, dan pembiasaan melalui dinamika kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Konseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab & dakwah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:14
Last Modified: 07 Jul 2025 07:14
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item
View Item