Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Peserta Didik Kelas II SDN Inti No 2 Pewunu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi

Setiawan, Dilan (2025) Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Peserta Didik Kelas II SDN Inti No 2 Pewunu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of DILAN SETIAWAN_181040069_PGMI.pdf] Text
DILAN SETIAWAN_181040069_PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat peraga kartu angka dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan, terbukti efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep dasar operasi hitung tersebut. alat peraga ini memungkinkan peserta didik untuk melihat dan merasakan secara langsung proses penjumlahan dan pengurangan, sehingga membuat mereka lebih mudah memahami hubungan antar angka. Selain itu, penggunaan kartu angka dapat meningkatkan interaksi dan partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan belajar, mempercepat penguasaan konsep, serta meminimalisir kebosanan dalam proses pembelajaran. Dengan cara ini, peserta didik tidak hanya menghafal langkah-langkah operasi, tetapi juga dapat menghubungkan konsep matematika dengan cara yang lebih konkret dan menyenangkan. Faktor pendukung meliputi ketersediaan alat peraga, dukungan sekolah, dan kemudahan penggunaan alat tersebut, sedangkan faktor penghambat termasuk keterbatasan waktu, kesulitan pemahaman konsep, dan tantangan menjaga konsentrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:31
Last Modified: 08 Jul 2025 04:31
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item
View Item