Lillah, Sibyan Nur (2025) Model Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SDN 1 Biromaru Kabupaten Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI SIBYAN.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SIBYAN.pdf
Download (8MB)
Abstract
Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1). Model Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 1 Biromaru pada Fase B dirancang dengan mengacu pada prinsip pembelajaran berbasis projek yang kontekstual dan kolaboratif. Model ini mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aktivitas pembelajaran melalui tema-tema projek seperti kebinekaan global, gaya hidup berkelanjutan, dan kearifan lokal. Pelaksanaan projek dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Model ini mendorong keterlibatan aktif peserta didik serta kolaborasi antara guru, peserta didik, dan orang tua. 2). Faktor pendukung penerapan Model Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila antara lain adanya dukungan dari kepala sekolah, kesiapan guru dalam memahami konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat sekitar. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, masih minimnya pelatihan atau pendampingan intensif bagi guru, serta kurangnya waktu yang tersedia di luar jam pelajaran utama untuk pelaaksanaan projek secara optimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:02 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4389 |