Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Qurrota A’yun Baiya Tawaeli Kota Palu

Lestari, Suci (2025) Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Qurrota A’yun Baiya Tawaeli Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI FINAL.pdf] Text
SKRIPSI FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media spinning wheel terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Qurrota A’yun Baiya Tawaeli Kota Palu. Latar belakang penelitian ini adalah melihat sejauh mana pengaruh hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah digunakan media spinning wheel. Selain itu, pentingnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sering dianggap monoton oleh peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDIT Qurrota A’yun Baiya Tawaeli dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket, wawancara dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk melihat perbedaan hasil belajar antara
kelompok yang menggunakan media spinning wheel dan kelompok yang tidak menggunakannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:26
Last Modified: 09 Jul 2025 04:26
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item
View Item