MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA PALU

Rahayu, Rahayu (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA PALU. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of TESIS FULL RAHAYU.pdf] Text
TESIS FULL RAHAYU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi manajemen pembelajaran Bahasa Inggris di MAN Insan Cendekia Palu yang belum sesuai antara perencanaan dan implementasinya namun dapat memberikan dampak positif pada siswa seperti kemampuan berbahasa dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat diuraikan bahwa tesis ini berangkat dari masalah bagaimana manajemen pembelajaran Bahasa Inggris di MAN Insan Cendekia Palu, dan bagaimana efektivitas manajemen pembelajaran Bahasa Inggris di MAN Insan Cendekia Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun lokasi dari penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Palu. Informan penelitian ini berjumlah 4 orang guru meliputi 3 orang guru Bahasa Inggris dan 1 orang kepala madrasah. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan melalui 3 tahapan yaitu wawancara mendalam,
observasi langsung dan bukti dokumentasi. Dan untuk Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian mengatakan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris mencakup identifikasi tujuan pembelajaran, menyediakan perangkat pembelajaran seperti program tahunan, program semester, RPP, silabus dan analisis kompetensi. Kedua implementasi pembelajaran oleh guru Bahasa Inggris yang mecakup penyesuaian rencana dan implementasi, pelibatan
siswa dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran, penyediaan fasilitas media pembelajaran seperti digital screen yang ada di setiap kelas. Penilaian dan evaluasi pembelajaran oleh guru Bahasa Inggris terdapat 3 model penilaian pada siswa yaitu ujian harian, ujian semester dan ujian remedial bagi siswa yang ingin memperbaiki nilai diberi waktu selama 2 minggu setelah ujian semester selesai.
Dari semua manajemen pembelajaran yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di MAN Insan Cendekia Palu sudah berjalan dengan efektif karena sudah memenuhi tahapan manajemen pembelajaran dengan baik dan sistematis sehingga memberikan
dampak positif pada komunikasi berbahasa Inggris yang diterapkan, memberikan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Education (General)
Education > Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education Management
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:14
Last Modified: 19 Jun 2025 06:14
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item
View Item