Fazirah, Era (2025) Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Di SMK Yadika Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama palu.
![[thumbnail of ERA FAZIRAH.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ERA FAZIRAH.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Di SMK Yadika Palu”. Penulisan ini berfokus pada: (1) Bagaimana kompetensi tenaga kependidikan di SMK Yadika Palu. (2) Bagaimana upaya dalam peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di SMK Yadika Palu Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian menggunakan teknik pengumplan data melalui observasi, kemudian wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tenaga Kependidikan di sekolah ini telah memenuhi standard kompetensi yang ideal meliputi kompetensi kepribadian sikap yang baik, dimana mereka menunjukan kedisplinan,tanggung jawab,ketelitian dan dapat mengendalikan diri dalam berbagai situasi. kompetensi
sosial yang kuat terlihat dari mampu bekerja dalam tim, pelayanan prima, berkomunikasi dan membangun hubungan kerja antara staf maupun pihak terkait. Kompetensi teknis, terutama dalam penggunaan perangkat lunak serta prosedur
administrasi. Meskipun beberapa staf masih kebingungan dalam penggunakan teknologi. Dan kompetensi manajerial khususnya untuk kepala tenaga administrasi, karena sangat mempengaruhi dalam proses administarsi agar berjalan dengan efisien, mengambil keputusan yang tepat serta menciptakan iklim
kerja yang kondusif bagi seluruh staf: (2) Upaya peningkatan kompetensi yang dilakukan sekolah, seperti mengikuti pelatihan, pembinaan, dan workshop pengembangan soft skills, dinilai efektif dalam meningkatkan kinerja dan kontribusi positif tenaga administrasi. Evaluasi berkala memungkinkan
identifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan keberlanjutan peningkatan kompetensi. Implikasinya, model peningkatan kompetensi yang diterapkan dapat direplikasi di sekolah kejuruan lain untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi. Temuan ini juga merekomendasikan perlunya pengembangan program berkelanjutan untuk memastikan kompetensi tenaga kependidikan tetap relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 21 Jun 2025 05:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2025 05:32 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4400 |