Muliati, Muliati (2025) Implementasi Toleransi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK Negeri 1 Sigi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of TESIS MULIATI PDF.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MULIATI PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
Tesis ini berjudul Implementasi Toleransi Beragama dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Sigi dengan pokok permasalahan terletak pada: (1) Bagaimana gambaran toleransi beragama dalam kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Sigi? (2) Bagaimana Implementasi toleransi beragama dalam
kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Sigi? (3) Apa dampak implementasi toleransi beragama dalam kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Sigi? Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif, melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Gambaran toleransi beragama dalam kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Sigi telah melakukan upaya yang
signifikan dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di sekolah, SMK
Negeri 1 Sigi menganut 2 agama yaitu agama islam dan agama Kristen, SMK 1 Sigi telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan toleransi beragama, seperti kegiatan-kegiatan kunjungan ketempat ibadah berbagai agama, penyelengaraan ekstrakulikuler, dan penciptaan lingkungan sekolah yang inklusif. (2) Implementasi toleransi beragama dalam kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Sigi kurikulum merdeka belajar memberikan fleksibilitas bagi sekolah
untuk mengintegrasikan toleransi beragama dalam pembelajaran dan keteladanan, Sekolah juga mengadakan berbagai kegiatan ektrakulikuler, dan peserta didik berkunjung ke tempat-tempat ibadah, peserta didik saling bekerja sama ketika ada
agama yang diadakan di sekolah, dan diskusi dalam satu tempat penciptaan lingkungan sekolah yang inklusif yang berorientasi pada peningkatan toleransi beragama. P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam bakti sosial,
teater, dan kerajinan tangan dengan membuat bros, berkunjung ketempat ibadah yang berbeda-beda, membersihkan tempat ibadah dari latar agama yang berbeda merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila. (3)
Dampak yang signifikan terhadap peningkatan dalam implementasi toleransi beragama dalam kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Sigi seperti mengajarkan kepada peserta didik untuk tidak terlalu merespon komplik yang ada di sekolah,
lingkungan yang menjunjung tinggi toleransi dan menghargai perbedaan dan menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan peserta didik, peningkatan kualitas belajar, profesionalisme guru dan reputasi sekolah. Tantangan sikap pasif dalam menghadapi masalah agama di sekolah. Saran Penelitian bagi sekolah peserta didik di SMK Negeri 1 Sigi
diharapkan agar selalu lebih meningkatkan kualitas nilai-nilai toleransi di sekolah, dan perlunya peningktan kualitas program-program yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan toleransi beragama di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 21 Jun 2025 06:15 |
Last Modified: | 21 Jun 2025 06:15 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4408 |