Analisis Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pengembangan Usaha Amora Cakery Palu Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Lisna, Lisna (2023) Analisis Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pengembangan Usaha Amora Cakery Palu Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of LISNA.pdf] Text
LISNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pemanfaatan Sosial Media Dalam Pengembangan Usaha Amora Cakery Palu Dalam Perspektif Ekonomi Islam” Pengembangan usaha adalah suatu cara
atau proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang dengan meningkatkan perluasan usaha serta kualitas dan kuantitas produksi dari pada kegiatan ekonomi dengan menggerakkan pikiran, tenaga dan badan untuk mencapai suatu tujuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan usaha Amora Cakery dalam memanfaatkan sosial media dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap pengembangan usaha Amora Cakery. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif metode pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan data menggunakn teknik tringgulasi data. Hasil penelitian pemanfaatan sosail media dalam pengembangan usaha Amora Cakery dalam perspektif Ekonomi Islam. Ada 3 digital marketing yaitu Instagram, Facebook dan WhatsApp. yang terdiri dari faktor produk, harga, tempat/ distribusi, dan promosi. Pertama Produk di Amora Cakery ada berbagai jenis seperti roti, roll cake, kue kering, bolen premium, hampers. Kedua Harga, harganya terjangkau mulai dai RP. 6000an sampai ratusan. Ketiga tempat, tempatnya sangat strategis di Jl. Jendral Sudirman. Keempat promosi, promosi yang digunakan di Amora Cakery yaitu melalui sosial media. Strategi tersebut sangat mempengaruhi pengembangan usaha Amora Cakery. Menurut perspektif ekonomi Islam terhadap pemanfaatan sosial media dalam pengembangan usaha Amora Cakery, telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam yang terdiri dari Shiddiq (benar dan jujur), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), Tabligh (komunikatif) Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar Amora Cakery Palu untuk dapat meningkatkan kualitas dan mutu produknya sehingga menimbulkan perkembangan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Economy & Business > Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abu Bakri
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:58
Last Modified: 23 Jun 2025 03:58
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item
View Item