Khairunnisa, Khairunnisa (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Speed Reading terhadap Kemampuan Membaca Cepat dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD DDI Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI KHAIRUNNISA .pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KHAIRUNNISA .pdf
Download (4MB)
Abstract
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kecepatan membaca dan tes pemahaman bacaan yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode Speed Reading. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji inferensial paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata rata kecepatan membaca siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan metode Speed Reading, dari nilai awal menjadi rata-rata 202,55 kata per menit. Peningkatan juga terjadi pada aspek pemahaman membaca, dari rata-rata pretest sebesar 56,25 menjadi 79,5 pada posttest. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) untuk kedua variabel, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Speed Reading berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:49 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4511 |