Mambuhu, Nurlaela (2025) Implementasi Media E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Alkhairaat Tuwa. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI NURLAELA MAMBUHU PENGESAHAN.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURLAELA MAMBUHU PENGESAHAN.pdf
Download (7MB)
Abstract
Implementasi media pembelajaran menggunakan e-modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Alkhairaat Tuwa menunjukkan bahwa e-modul interaktif memberikan panduan sistematis dalam merancang pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien. Melalui tahapan pengenalan, eksplorasi, interaksi, serta evaluasi dan refleksi, pendidik mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih terstruktur. Keberhasilan implementasi e- modul juga ditunjukkan melalui pencapaian indikator motivasi belajar, seperti meningkatnya hasrat belajar, dorongan internal, lingkungan belajar yang kondusif, kerja sama antar siswa, serta kegiatan belajar yang menarik. Adapun faktor pendukung implementasi ini meliputi ketersediaan wifi, penggunaan HP Android, dan perangkat LCD proyektor. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan kepemilikan Android, belum tersedianya laboratorium bahasa, serta potensi penyalahgunaan perangkat. Meskipun demikian, hambatan tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk perbaikan sarana dan strategi pembelajaran di masa depan, menjadikan e-modul interaktif sebagai alternatif pembelajaran yang potensial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:58 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4517 |