Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Kampus terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Muthāla’ah bagi Mahasiswa PBA UIN Datokarama Palu

Fazriaturrahma, Fazriaturrahma (2025) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Kampus terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Muthāla’ah bagi Mahasiswa PBA UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI_FAZRIATURRAHMA_211020021.pdf] Text
SKRIPSI_FAZRIATURRAHMA_211020021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,892 > 2,007 (ttabel). Selain itu, variabel lingkungan kampus juga berpengaruh secara parsial dan signifikan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,147 > 2,007 (ttabel). Secara simultan, motivasi belajar dan lingkungan kampus berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 14,192 > 3,18 (ftabel). Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh adalah 0,332, yang menunjukkan bahwa 33,2% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh motivasi belajar dan lingkungan kampus, sedangkan 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:16
Last Modified: 28 Jul 2025 04:16
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item
View Item