Fazriaturrahma, Fazriaturrahma (2025) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Kampus terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Muthāla’ah bagi Mahasiswa PBA UIN Datokarama Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI_FAZRIATURRAHMA_211020021.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_FAZRIATURRAHMA_211020021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,892 > 2,007 (ttabel). Selain itu, variabel lingkungan kampus juga berpengaruh secara parsial dan signifikan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,147 > 2,007 (ttabel). Secara simultan, motivasi belajar dan lingkungan kampus berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 14,192 > 3,18 (ftabel). Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh adalah 0,332, yang menunjukkan bahwa 33,2% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh motivasi belajar dan lingkungan kampus, sedangkan 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:16 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4531 |