Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Vlll MTsN 2 Tolitoli

Dira, Ulya Aqilah Lutfia (2025) Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Vlll MTsN 2 Tolitoli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI ULYA AQILAH.pdf] Text
SKRIPSI ULYA AQILAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik
dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (1) perencanaan, yang mencakup penyusunan modul ajar, persiapan media pembelajaran, dan perancangan kegiatan belajar yang variatif dan menyenangkan; (2) pelaksanaan, berupa pembelajaran interaktif yang menggabungkan berbagai pendekatan seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, audiovisual, dan praktik berbicara serta (3) evaluasi, dilakukan secara
berkelanjutan melalui observasi aktivitas belajar dan analisis minat belajar peserta didik. Indikator minat belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari empat indikator yang diamati yaitu perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan, dan perhatian sebagian besar peserta didik berada pada kategori tinggi hingga sedang. Adapun faktor pendukung keberhasilan penerapan metode eklektik antara lain adalah kompetensi guru dalam memadukan berbagai strategi, dukungan fasilitas dan kebijakan dari madrasah, serta respons positif peserta didik terhadap pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan penguasaan kosakata Arab, heterogenitas kemampuan peserta didik, serta kendala teknis seperti kerusakan media pembelajaran dan koneksi internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:17
Last Modified: 28 Jul 2025 04:17
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item
View Item