Dirham, Achmad (2025) Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Toli-Toli. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI ACHMAD DIRHAM.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ACHMAD DIRHAM.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan Mereduksi Data, Penyajian Data, Dan Verifikasi Data. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Mata pelajaran PAI dan peserta didik yang memiliki minat belajar yang masih kurang terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam secara keseluruhan cukup baik atau cukup tinggi meskipun masih ada beberapa peserta didik dalam kelas tertentu yang masih kurang minat terhadap mata pelajaran PAI. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya minat belajar peserta didik terhadap mata
pelajaran PAI pada kelas X dan kelas XI di SMK Negeri 1 Toli-toli Yaitu : 1) faktor keluarga adalah yang menjadi faktor utama sebab para informan menyebutkan bahwa sangat penting untuk mereka mendapatkan bimbingan serta arahan orang tua terkait dengan materi yang diajarkan di sekolah, 2) Faktor Lingkungan, peserta didik merasa terganggu ketika Mata pelajaran PAI sedang berlangsung teman disekitar mengganggu dengan keluar masuk kelas berkali-kali, 3) faktor waktu ketika peserta didik merasa tidak nyaman terhadap jam pelajaran PAI yang berada di siang hari atau mendekati waktu pulang sekolah. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peserta didik memberikan sudut pandangnya tentang minat yang kurang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Faktor keluarga, faktor lingkungan, dan faktor waktu. Saran dari penulis agar pihak sekolah lebih memperhatikan minat belajar peserta didik dengan mengadakan sosialisasi untuk wali peserta didik bahwa pengajaran dan pendidikan yang peserta didik dapatkan di sekolah haruslah ditindak lanjut pada saat peserta didik saat berada di rumah dan hal ini dilakukan oleh setiap orang tua
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abu Bakri |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:51 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:51 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4542 |