Wali, Sri Delftri M (2025) Upaya Guru Menumbuhkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Di SD Islam Khalifah Munifrahman. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI SRI DELFITRI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SRI DELFITRI.pdf
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini berkenan dengan upaya guru menummbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka di SD Islam Khakifah. Berkenan dengan hal tersebut maka uraian dalam skripsi ini terangkat dari masalah bagaimana upaya guru menumbuhkan minat siswa dalam
pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka di SD Islam Khalifah, bagaimana hasil upaya guru menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka di SD Islam Khalifah Munifrahman, serta bagaiamana dampak hasil upaya guru menumbuhkan minat
siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka di SD Islam Khalifah Munifrahman?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat berperan penting dalam menumbuhkan minat belajar siswa dengan mengimplemntasikan strategi pembelajaran yang inovatif dan menarik. Melalui penggunaan media interaksi serta tugas-tugas kreatif, siswa didorong untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. hasil usaha guru dalam
menumbuhkan minat belajar siswa berdampak sangat baik. Siswa menjadi lebih berenergi dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas. siswa pun memiliki dorongan kuat untuk terus belajar baik secara individu maupun kolaborasi bersama teman-teman kelompoknya. Hal ini bahwa langkah-langkah yang diambil oleh guru telah membentuk lingkungan belajar yang positif dan sangat membangun karakter belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat belajar peserta siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka. Melalui penerapan strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan adaptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disarankan agar pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum merdeka berjalan lebih optimal, guru disarankan
untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang adaptif, serta memberikan bimbingan yang lebih intensif kepasa siswa yang mengalami kesulitan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat siswa, pembelajaran bahasa indonesia, kurikulum merdeka |
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:43 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4548 |