Wulandari, Isra (2025) Peran Guru dalam Memberikan Semangat Belajar Peserta Didik Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Arab di MI An-Naarojil Kalukubula. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of ISRA WULANDARI.pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ISRA WULANDARI.pdf
Download (13MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memberikan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI An-Naarojil Kalukubula. Terdapat lima peran yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab yaitu: 1) pengajar, 2) pembimbing, 3) fasilitator, 4) demonstator, 5) motivator. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam memberikan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI An-Naarojil Kalukubula meliputi: a) keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran, b) motivasi peserta didik yang masih rendah, c) kurangnya penguasaan kosakata Bahasa Arab, d) peserta didik yang masih belum tahu menulis huruf hijaiyah, e) kurangnya perhatian peserta
didik di dalam kelas. Adapun solusi yang diterapkan oleh guru untuk memberikan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab antara lain sebagai berikut: Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sering
memberikan motivasi atau apresiasi kepada peserta didik, menggunkan video pembelajaran saat mengajar, memberikan pujian (reward) bagi peserta didik yang aktif, dan mengembangkan metode pengajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:25 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4559 |