Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Kelas IV di SD DDI Palu

Lisnawati, Lisnawati (2025) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Kelas IV di SD DDI Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of Lisnawati.pdf] Text
Lisnawati.pdf

Download (35MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kurangnya pemahaman siswa tentang pembelajaran IPAS dikarenakan guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk mengajar pada saat didalam kelas. Sehingga siswa tersebut kurang memahami materi yang telah diajarkan oleh gurunya, dengan begitu semangat siswa untuk mau belajar secara baik dan terarah itu juga belum terlaksana dengan baik karena salah satunya media pembelajaran kadang digunakan kadang
juga tidak. Sehingga memberikan motivasi dan semangat pada siswa itu masih terkendala di media pembelajaran dan juga ada beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran IPAS yaitu: Faktor internal yang
berasal dari dalam diri siswa yang mempengaruhi kesulitan pada pembelajaran IPAS diantaranya ialah lingkungan disekolah tersebut dengan tergolong lingkungan pasar sehingga banyak pengaruh-pegaruh dan hal-hal yang dapat mempegaruhi aktifitas dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal ialah kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa (2) Solusi yang diberikan guru kepada siswa adalah siswa harus bisa memahami apa itu gaya di dalam pembelajaran IPAS. Sehingga siswa bisa lebih paham tentang materi gaya dan siswa juga bisa lebih memahami betul-betul dengan melakukan dan bisa fokus, dikarenakan tanpa disadari siswa bahwa yang selalu mereka bilang gaya itu pada saat mereka lagi saling tarik menarik, mendorong meja, dengan hal itu di dalam segala aktifitas siswa selalu menggunakan gaya. Dengan demikian pada saat guru melakukan proses belajar mengajar guru tersebut menyampaikan kepada siswa apa itu gaya yang ada disekitar mereka dan harus memahami dulu tentang gaya, jenis gaya, dan apa-apa yang perlu dilakukan dengan menggunakan gaya untuk memindahkan tempat dan seterusnya agar mereka bisa memahami dan lebih mudah mereka melakukan hal itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:26
Last Modified: 30 Jul 2025 03:26
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item
View Item