Firmansyah, Mohammad (2025) Upaya Guru Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 1 Tatura Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama palu.
![[thumbnail of Skripsi Mohammad Firmansyah (1).pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Mohammad Firmansyah (1).pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan berbagai upaya strategis untuk menangani siswa tunagrahita. Upaya tersebut meliputi pemilihan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing anak, perencanaan strategi berdasarkan informasi dari komunikasi informal dengan orang tua, serta pengembangan strategi melalui evaluasi dan refleksi terhadap respons siswa di kelas. Guru menggunakan metode sederhana seperti penjelasan berulang, pendekatan individual, serta komunikasi intensif dengan orang tua. Namun, seluruh upaya ini harus dilakukan secara mandiri tanpa dukungan alat bantu maupun media
pembelajaran khusus guna memudahkan pemahaman siswa. Faktor pendukung dalam proses ini antara lain kepedulian guru, empati, kesabaran, dan komunikasi terbuka dengan orang tua yang memungkinkan kolaborasi antara rumah dan sekolah. Namun demikian, terdapat pula faktor penghambat yang cukup signifikan, yakni ketiadaan Guru Pendamping Khusus (GPK) dan keterbatasan sarana pembelajaran yang memadai. Kondisi ini membuat guru harus menangani seluruh kebutuhan siswa secara mandiri dan berimprovisasi dalam proses pembelajaran.
Hal ini menunjukkan perlunya perhatian dari pihak sekolah dan dinas pendidikan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 12:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 12:22 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4571 |