Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe. Explain) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII di SMP Negeri 12 Sigi

Khoiriyah, Ummi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe. Explain) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII di SMP Negeri 12 Sigi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of SKRIPSI UMMI KHOIRIYAH.pdf] Text
SKRIPSI UMMI KHOIRIYAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan di SPSS 30.0 dengan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai rata-rata post-test yang didapat oleh kelas eksperimen yaitu 62,5
lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 48,2. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan pendidik untuk menggunakan model pembelajaran POE sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini bukan hanya mendorong guru sebagai pemberi informasi, tetapi juga sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik membangun pemahamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 05 Sep 2025 06:29
Last Modified: 05 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item
View Item