Perspektif Teori Spiritual Sosial Dan Pendidikan Dalam Pelaksanaan Program Jumat Berkah Di Masjid Al-Ash Kota Palu

Buhun, Akmal Hidayat I. (2025) Perspektif Teori Spiritual Sosial Dan Pendidikan Dalam Pelaksanaan Program Jumat Berkah Di Masjid Al-Ash Kota Palu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

[thumbnail of AKMAL HIDAYAT I. BUHUN.pdf] Text
AKMAL HIDAYAT I. BUHUN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perspektif Teori Spiritual Sosial dan Pendidikan dalam Pelaksanaan Program Jumat Berkah di Masjid Al-Ash Kota Palu” dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan Program Jumat Berkah di Masjid Al-Ash Kota Palu? (2) Bagaimana pelaksanaan program tersebut ditinjau dari perspektif teori Spiritual, Sosial, dan Pendidikan? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis juga menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan mengumpulkan data kualitatif secara langsung di lokasi penelitian guna memperoleh informasi secara langsung dan alamiah. Adapun teknik analisis data yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian yang ditemukan oleh Penulis yaitu: (1) Bentuk pelaksanaan Program Jumat Berkah dilakukan secara terbuka dengan metode prasmanan. Program Jumat Berkah didukung oleh program donatur tetap dengan konsep “Donatur 100”, bentuk manajemen yang mengelola donasi secara sistematis dengan menargetkan donatur sebanyak seratus orang yang masingmasing memberikan donasi sebesar Rp.100.000 setiap bulan. Dengan konsep ini, memudahkan bagi para donatur dengan jumlah donasi yang cenderung terjangkau serta prinsip gotong royong untuk pembiayaan program. (2) Ditinjau dari perspektif spiritual melalui teori kecerdasan spiritual dan konsep ESQ WAY 165 dari Ary Ginanjar Agustian, ditemukan terdapat nilai-nilai Islam yang berhubungan dengan kecerdasan spiritual dan konsep ESQ WAY 165, yaitu nilai Ikhlas dan Syukur. Dari perspektif sosial berdasarkan teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim menunjukkan interaksi antar individu dalam kegiatan tergolong dalam kategori solidaritas organik. Dari perspektif pendidikan, berdasarkan teori Pendidikan Karakter Thomas Lickona, terdapat nilai Pendidikan Karakter ketika penyelenggaraan program, serta dikategorikan sebagai moral knowing, upaya mewujudkan moral feeling, dan moral action. Implikasi penelitian ini adalah hendaknya untuk mempertimbangkan penggunaan metode prasmanan pada bentuk pelaksanaan. Program ini juga diharapkan dapat terus berjalan, memberi manfaat secara luas dan menginspirasi banyak pihak. Hal ini tidak lepas dari dukungan pihak yang memberikan donasi sehingga program ini dapat terus berjalan. Selain itu, harapannya agar lembaga pendidikan dapat berkolaborasi dalam kegiatan ini sebagai upaya menanamkan Pendidikan Karakter bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Jumat Berkah, Spiritual, Sosial, Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akun Publik Repository
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:59
Last Modified: 08 Sep 2025 06:59
URI: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4596

Actions (login required)

View Item
View Item