Lumuan, Nur Afni (2025) Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inti Loru. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
![[thumbnail of SKRIPSI NUR AFNI LUMUAN .pdf]](http://repository.uindatokarama.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NUR AFNI LUMUAN .pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berkenan “ Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Pesera Didik Di sekolah (SDN) Negeri Inti Loru” 1. Bagaimana Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta didik Di Kelas IV SDN Inti Loru Kec. Sigi Biromaru ? 2. Bagaiman Hasil Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Kelas IV SDN Inti Loru Kec. Sigi Biromaru Metode penelitan yang digunakan adalah penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan memilih lokasi penelitian di sekolah SDN Inati Loru, data - data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut diananlisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penilitian ini menyatakan bahwa penerapan tata tertib sekolah dalam membentuk kedisiplinanan peserta didik di kelas IV SDN Inti Loru yakni: Mengimplementasikan tata tertib di kelas IV membuat peraturan yang sesuai kesepakatan kelas, memberi sanksi kepada peserta didik yang melanggar. aturan yang ada di dalam kelas IV 1. Peserta didik datang tepat waktu 2. Memakai seragam dan aturibut lengkap 3. menjaga kebersihan dan keamanan kelas 4. melakukan piket kelas 5. Menghormati guru dan teman. sanksi jika melanggar aturan kelas memberikan teguran lisan / tulisan kepada peserta didik yang melanggar dan pemanggilan orang tua jika berkali-kali melanggar.Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Kelas IV SDN Inti Loru yakni: Penerapan tata tertib sekolah di kelas IV memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Mereka menjadi lebih mampu mengelola waktunya dengan baik, sehingga dapat menyelesaikan tugas dan kewajiban sekolah secara lebih teratur.Selain itu, kepatuhan peserta didik terhadap aturan sekolah juga meningkat. Mereka lebih tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, memperhatikan instruksi guru, serta menunjukkan sikap yang sesuai dengan kewajiban mereka di dalam kelas.Dengan adanya tata tertib, peserta didik juga lebih terarah dalam belajar, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif. implikasi penilitian adalah Penelitian ini memperkuat teori pembentukan karakter dan disiplin di sekolah dasar. Secara praktis, penerapan tata tertib yang konsisten dan sesuai tahap perkembangan anak efektif membentuk kedisiplinan. Strategi yang digunakan meliputi pembiasaan sejak dini, pengawasan rutin, pemberian sanksi dan penghargaan, serta kerja sama dengan orang tua. Hasilnya, disiplin peserta didik meningkat dan tercipta lingkungan belajar yang lebih kondusif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, peserta didik |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Akun Publik Repository |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:03 |
URI: | http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4599 |